Mengapa seperti ini??

24 12 2007

Mengapa harus beda?

Sering kita mengenal atau menjumpai kata persahabatan dan segala pernak pernik tentangnya dari drama seri remaja yang akhir-akhir ini semarak bermunculan di media elektronik. kisah tentang seorang sahabat yang terpisah karena keluarga, 2 orang sahabat yang bersama-sama menggapai mimpi sampai pada akhirnya keduanya sukses sebagai “orang” , atau pertengkaran antara dua sahabat hanya karena masalah cinta.
Sebenarnya apa yang jadi masalah atau pesan utama yang akan disampaikan oleh penulis cerita kepada penonton, khususnya kita (remaja.Red) ?.
Dan apakah hanya sebatas itu kemampuan sineas indonesia untuk ungkapkan hal-hal positif lewat sinetron atau film?. Ini sebnarnya bukan masalah mengapa dan bagaimana, tapi lebih kepada apa dan siapa.

Sebenarnya persahabatan adalah satu sisi kehidupan remaja yang paling kompleks dan sulit untuk di kupas.
Tapi kenyataanya tidak sesulit apa yang dipikirkan, para sineas indonesia dengan segala imajinasinya mengerahkan pikiran mereka untuk ciptakan sebuah karya yang disukai remaja.
pesan yang ingin disampaikan sebenarnya sederhana yakni kehidupan remaja adalah masa dimana proses pencarian jati diri mulai gencar2nya dilakukan.
tentunya jati diri seseorang turut ditentukan oleh dengan siapa mereka bergaul.
jika pergaulan yang bebas tanpa ada batasan atau pilih dan pilah teman, tak ayal jika diri yang terbentuk bisa saja menyimpang.

Persahabatan bukan hanya sebuah kata yang kosong tak berarti. Namun sebaliknya, persahabatn lebih mengarah kepada pertemanan yang lebih indah.
yang jadi pertanyaan, mengapa jika membahas tentang persahabatan selalu identik dengan cewek??


entah apa yang mendasari pandangan itu. Selama ini yang sering menyebut kata-kata sahabat dan persahabatn hanyalah sebatas kaum cewek. Jarang ada cowk menyebut kata-kata itu. Mugkin ada beberapa perbedaan antara cewek dan cowok yang jadi alasan mengapa hanya cewek yang dikaitkan dengan persahabatan.

1. Cewek dan cowok beda

Dalam konteks ini kita kaitkan sifat , cewek punya sifat lemah lembut, ekspresif, dan terlalu mendramatisir segala sesuatu yang terjadi di hidup mereka.
Contohnya : saat cewek naksir seorang cowok, mereka lebih ekspresif dan terlalu mendalami apa yang mereka alami. Gak bisa tidur, gak enak makan, salah tingkah kalau ketemu, atau hanya sekedar bertemu mereka udah ngerasa dunia indah.
Sebaliknya cowok, kaum ini memiliki sifat keras, memendam dan menganggap segala sesuatu pasti ada waktunya. apapun yang dilakukan kaum cowok (contohnya aku.red) mungkin tak terlalu membebani pikiran.
Begitu juga dalam konteks persahabatan, para cewek menganggap ini sebuah tradisi yang harus mereka jalani, sebaliknya para cowok menganggap hal ini tak begitu penting. sehingga tak ada kata sahabat pun mereka udah sahabat.

2. Belum biasa

Pernah gak kita jumpai ada beberapa cowok menulis diary untuk sekedar curhat2an yang mereka sebut persahabatan?? tentu jarang sekali, bahkan tak pernah. Kalaupun ada pasti hanya sekedar tukar pikiran. Belum terbiasa untuk para kaum cowok mengatakan “dia sahabatku!” atau ” aku bersahabat dengannya!”. Walapun kenyataanya ada “persahabatan” di kaum cowok, tapi karena sifat memendam dan belum biasa maka para cowok canggung mengucapkan sabahat.
sebaliknya cewek, udah jadi tradisi buat mereka untuk punya 1 atau 2 teman curhat (sahabat.red). mereka butu teman yang setia setiap saat. Tak ada kata canggung dan belum biasa dalam hidup cewek untuk menyebut ” dia sahabatku!” atau hanya sekedar ungkapkan sahabat setia nya.

Dari dua faktor diatas, mengapa persahabatn dianggap hal yang tabu bagi para cowok?? apakah mereka gak butuh sahabat? atau mereka sebenarnya butuh tapi mereka hanya anggap sebuah warna dunia remaja??
entahlah… suatu saat pasti ada waktunya cowok menyebut bahwa dia punya sahabat.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: