Inikah rasanya MP ?

31 05 2008

sebelumnya saya mau ucapkan happy birthday to surabaya, moga tambah apa aja deh yang baik…
Nerves, grogi, takut salah, dan akhirnya aku belum juga menghasilkan

“ Hore aku bakalan dapat kerja…!!!! ”
Itu adalah reaksi awal saat salah seorang dari pihak imperial ballroom pakuwon indah mengabari aku bahwa aku diminta datang besok ( kemarin-30mei ) untuk sesi wawancara. Seneng ? ya iyalah… pasti, tapi seperti sebelum2nya aku gak akan berani bermimpi terlalu tinggi karena kalu jatuh pasti sakit. Tapi dengan keyakinan seadanya aku siapkan diri untuk besok.

Hari ini aku sibuk sendiri,

entah karena aku grogi karena ini wawancara pertamaku khususnya di pekerjaan setelah sebelum2nya sudah sering wawancara untuk kuliah. Beda aja rasanya, yang dihadepin sekarang ini bukan psikolog melainkan pentolan dari ballroom. Jam 10 tet aku nyampe di tempat wawancara, 2 orang laki-laki paruh baya mungkin jauh lebih tua dari aku sudah mengisi semacam formulir lamaran. Aku parkir motorku lalu aku temui kepala sekuriti dan menanyakan tempat wawancaranya. Aku diberi 2 berkas tertulis formulir lamaran untuk diisi data2 pribadi, mulai dari keluarga sampai pendidikan.

Usai mengisi form tsb sekarang saat yang paling membosankan, yup… aku mulai menunggu. 10 menit pertama, masih tenang…. 30 menit… masih tahan lah… hingga satu setengah jam aku menunggu akhirnya kesabaranku habis kini tinggal grogi yang muncul. Akhirnya aku dipanggil juga, entah seperti apa nantinya aku di Tanya yang paling penting sekarang bagaimana aku menghentikan detak jantung yang semakin cepat seiring langkahku menuju ruangan bertuliskan HRD room. Suasana resmi dan menegangkan menyelimuti, aku mulai masuk, terlihat dua orang laki-laki berbincang dan terhenti karena suara ketukan pintuku.

“ pagi pak.. sapaku masih dengan nada grogi. “
“ selamat pagi.” Jawab beliau

Wawancarapun dimulai, mulai dari yang ringan sampai dengan pertanyaan dengan bahasa inggris. Tentu saja dalam keadaan seperti ini aku tak akan mampu lancer berbahasa inggris. Tapi aku berusaha, akhirnya semua dapat aku lalui. Pembicaraan masih berkisar tentang dimana aku bekerja saat ini, spontan saja aku kaget mengapa pertanyaan seperti itu mereka tanyakan, bukankah sudah jelas tertera pada lamaran pertama dan formulir yang baru saja aku isi tadi bahwa aku masih tercatat sebagai siswa kelas 3 sma. Hingga pada akhirnya tiba pada pertanyaan dimana berkas ijasah terakhir, lantas aku menjawab seadanya kalau aku masih menunggu pengumuman kelulusan. Setelah itu 2 orang laki2 itu memberi saran agar aku melamar untuk pekerjaan yang lainnya.
Tentu ini menimbulkan kekecewaan yang berarti buat aku. Bukan hanya karena aku belum diterima kerja tapi yang lebih membuat aku seakan tidak ada gunanya memenuhi panggilan itu adalah mengapa pihak imperial ballroom tgl 29 mei menghubungi aku untuk wawancara sedangkan waktu aku sudah disana aku tak diterima dengan alas an ijasah. Apakah pihak ballroom tidak mengecek terlebih dahulu surat lamaran dari tiap2 pelamar apakah lengkap atau tidak, baru menghubungi untuk tahap selanjutnya.
Aku akui memang ini suatu tindakan yang bisa dibilang hanya coba2 saja, tanpa ijasah sma aku beranikan diri dengan seorang temanku untuk melamar menjadi seorang candy ataupun juga waiter. Dengan tujuan yang lebih baik tentunya. Tapi hasilnya ya.. inilah aku belum diterima untuk bekerja, mungkin belum waktunya atau masih belum saatnya dunia pekerjaan menerimaku dengan senang hati.

Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, begitupun kejadian ini. Walaupun satu sisi aku kecewa atas ketidaksejajarnya pihak yang menghubungi dengan pewawancara, tapi sisi lain aku merasa inilah pelajaran buatku selanjutnya jadi kalupun suatu saat aku melamar pekerjaan lagi, mungkin sudah terbiasa dan tak senervous kemarin.

Inilah pengalaman MP ku (Melamar Pekerjaan) , yang memang bener2 kali pertama. Nerves, grogi, takut salah, dan akhirnya aku belum menghasilkan.

“ Inikah rasanya MP (melamar pekerjaan) ? “.
“sungguh sulit mencari pekerjaan !!“


Aksi

Information

16 responses

31 05 2008
sibermedik

Makasih dah mampir n comment ke blog saya..

Numpang ngoment artikel njenengan:
1. Tiap suatu hal yang baru adalah stresor.
2. Stresor yang positif dapat memajukan potensi.
3. Stresor yang negatif dapat menghambat diri untuk berkembang.

So..PD aja lagi…..MP bukan akhir dari hidup? justru awal mencari pengalaman hidup.

31 05 2008
cempluk

met ultah buat Surabaya.aduh…pas cempluk mau pulang trus melewatin jalan gubernur suryo jam 20.00 wib tgl 31 mei 2008. astaga…macet2…lebih cepat jalan kaki dibanding naek motor…butuh waktu 20 an menit utk lepas dari kemacetan..awaakakaka… i love surabaya…makin jaya buat kota Cempluk….😀

yup.momen mp yang pertama akan jadi pengalaman yang tak terlupakan😀

2 06 2008
Edi Psw

Jaman sekarang nyari kerjaan susah, apalagi kerjaan yang sesuai dengan bidang kita plus yang gajinya gedhe. Memang hidup di kota besar, kalau nggak punya kerjaan rutin, agak repot, soalnya nggak ada yang dijadikan pegangan. Apalagi sekarang BBM naik, wah, tambah gak menentu hidup ini.

2 06 2008
gempur

hah?! sabar dje…! pengalaman pertama tak terlupakan… tapi saya dah lupa tuh… Alhamdulillah, dari dulu tak sulit melamar kerja, dari semenjak lulus SMA hingga sekarang…

Satu yang harus kau tunjukkan pada mereka: BUAT MEREKA MENYESAL KARENA TELAH MENOLAKMU! titik!

2 06 2008
gii3

Tenang Aja… Je…
Tunggu Jalan lain!!! setalah pesan-pesan berikut ini!!!

3 06 2008
suci

sabar ya…kalo rezeki, gak bakal lari kok ! karena rezeki kita tidak bakal ketuker dengan orang laen. Pasti Allah akan ngasih yang terbaik ditempat laen yang jauh lebih baik buat anda… insya Allah….Yakinlah itu.
oya, salam kenal yach.

7 06 2008
Okta Sihotang

wagh..jadi tertantang negh, secara udah mau tamat kuliah and mo nyari kerjaan😉

8 06 2008
Shei

Huh! Iyo!
saia melu mangkel Je..
Sabar ya!
Mungkin masi belum rejeki….
Saia doain dewh..Moga ndang dapet rejekinya,
Amin

8 06 2008
asopusitemus

Hohoho….. semoga berhasil di MP berikutnya, mas!

9 06 2008
Sawali Tuhusetya

kok bisa begitu, ya, mas? seharusnya kalau dapat panggilan utk wawancara kan sudah memenuhi syarat2 pemberkasan, hehehehe😆 tapi, gpp, mas, masa depan masih oanjang terbentang. semoga ini bisa menjadi pengalaman berharga buat masa depan.

10 06 2008
Rush

Yang sabar djee. Hidup masih panjang……….

10 06 2008
aLe

yeee, kirain Malam Pertama😛

10 06 2008
rafaeltrisno

aduh, seram banget ya mas, pengalaman pertamanya ga enak..
tapi tetap aja berjuang, kali disana bukan jodoh…🙂
semangat!

12 06 2008
djagung

@sibermedik
makasih buat komennya

@cempluk
wah kok komennya g nyambung

@edi psw
emang pak dunia udah berubah

@gempur
lihat saja mereka akan menyesal!!!

@gii3
jalan yang mana lagi? udah buntu semua

@suci
sabar emang penting buat masalah kayak gini. met kenal juga

@okta sihontang
tapi cari kerja sulit bgt nih….

@shei
amiiinn……

@sawali tuhusetya
masa depan masih panjang, tak tau ujungnya dimana nih… hehe….

13 06 2008
nie

judul postingannya menyesatkan. huehehehehhe..

25 06 2008
noepa3

Tetap semangat yach!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: