SEDEKAH BUMI….sendalku ilang lagi…

9 07 2008

SEDEKAH BUMI

mungkin untuk orang yang tinggal di daerah perumahan ato kota besar tak akan ada lagi perayaan seperti ini. oleh karena itu di kampung ku ( Bringin ) yang tergolong masih daerah pinggiran masih ada perayaan semacam itu. hari itu minggu tgl 6 juni 2008, warga RW1 kel. Bringin sedang sibuk2nya siapin untuk acara sedekah bumi, termasuk orang rumahku. tak dapat dielakkan lagi akupun turut sibuk n turut andil dalam rangka menyukseskan acara itu. ya gimana ya, aslinya males tapi ini udah tradisinya jadi mau gak mau ya harus mau.

lanjut ke acaranya, sedekah bumi ini adalah sebuah acara dimana acara ini adalah warisan leluhur yang memeng tiap tahun harus ada. tujuan kegiatan ini untuk meminta kepada TUHAN YME agar desa kami terbebas dari segala masalah dan mara bahaya yang mungkin saja terjadi.

warga berbondong2 pergi ke balai RW dimana tempat itu dilaksanakan. Riuh dan ramai sekali suasananya. masing2 rumah diharuskan mengeluarkan sebuah sajian berupa nasi tumpeng lengkap dengan ayam panggang beserta jajanannya sebut saja kue cucur, tape ketan, dan TETEL ( sejenis kue dari ketan dan kelapa ). tak sebatas hanya itu saja, pisang pun jadi suatu hal yang harus ada pada perayaan semacam ini.

setelah kita tau tujuan dari acara ini tentu tak hanya sebatas apa yang telah disebut. acara ini juga mengeratkan silaturahmi anatar warga dan aparat desa. sehingga komunikasi antar warga tetap terjalin. acara di akhiri dengan saling bertukar makanan antar warga sehingga tak ada satupun orang yang membawa kembali sajian mereka dalam keadaan utuh tak tersentuh sama sekali.

usai acara sekitar pukul 12 siang, betapa panasnya siang itu. berat sekali sajian yang aku bawa dan sialnya lagi setelah aku sampai di gerbang depan balai RW. betapa bingungnya aku setelah aku lihat SENDAL ku tak ada di tempatnya.

HILANG LAGI>>>HILANG LAGI>>> betapa malangnya nasibku 2kali sendalku ilang di keramaian.

hwa… apa salahku…???

atau mungkin tuh sendalku buat di sedekahin ke bumi kali ya… padahal hanya sendal jepit doank, masih aja ilang.

tapi setidaknya hari ini sudah ada kegiatan yang membukakan mataku bahwa warisan leluhur akan tetap lestari jika kita sebagai generasi berikutnya masih mau menjaganya.


Aksi

Information

10 responses

9 07 2008
shei

Hwekeke..
salahmu adalah…
MAKE SENDAL!!
coba ndak pake,
pasti ndak ilang…
Hwehehehehe…🙂

9 07 2008
Ronggo Tunjung Anggoro

podo mas aku juga sering kehilangan sandal sekarang marak juga ya CURANDAL (penCURiAN sanDAL)

9 07 2008
Asop

masing2 rumah diharuskan mengeluarkan sebuah sajian berupa nasi tumpeng lengkap dengan ayam panggang beserta jajanannya sebut saja kue cucur, tape ketan, dan TETEL ( sejenis kue dari ketan dan kelapa )

Jadi pengen makan jemblem… yang isinya gula merah… hmmm, nikmat….

Rupanya ga cuman di masjid aja sendal bisa ilang, pas perayaan pun bisa ilang juga yah…

11 07 2008
Rush

wehehehe….

kalo leh kasih saran, kamu pake sandal model baru aja jee…

Newkerman (Nyeker men…!!!) hehehe

11 07 2008
r!zaLavizta mooow

menurut gw sandalmu itu mah ga ilang dj, cuma ketuker aje….
ya elu tinggal pake jepit laen yang ada aja….!!!!!ckckckc….
(klo semua org punya pikiran kek gtU seru de kayalnya…)

13 07 2008
aze---

makanya mas, besok2 kalo make sendal, dikasih tali terus diiket ke kaki kita, jadinya kalo ada yang mao ngambil, pasti kerasa…..

14 07 2008
djagung

@shei

wah saran yang bagus tuh, gak pake sendal. besok2 aku coba aje shei

@ Ronggo Tunjung Anggoro

wah bener2 dampak kenaikan harga bbm ih, sendal aja dicolong !!1 hehehe

@asop

jemblem gak masuk jajanan sedekah bumi sih tapi tetep enak juga…

@rush

sebenernya udah niat gak bawa sendal, mengingat jarak rumah ke tmpat acara deket, tapi lha masak iya aku nyeker???

@r!zaLavizta mooow
kalo ketuker masa gak ada sendal tukerannya, gitu juga yang aku alami pas dipostingan sebelumnya. kalopun ketuker pasti ada tukerannya. lha ini dtunggu ampe selesai gak ada sendal lagi… nasib…

@ aze—
kenapa gak sekalian pake sendal model sepatu kuda ja?? enak tuh gak pake ngelepas n dijamin gak bakalan ilang…

26 09 2008
faizah

Huaaaaa…aku pengen balik ke Bringin…
pengen ikutan sedekah bumi lagi….hiks hiks…
ga di malang, ga di cikarang, yg namanya sedekah bumi kagak keliatan batang idungnya…jadi pengen makan ayam panggang…😦

8 10 2008
djagung

@ ingetnya kok ayam panggang doank… gak inget tah kalo sedekah bumi itu temen2 pada ngumpul

9 10 2008
faizah

Huaaa…iyaaa…klo sedekah bumi pasti pada undang2 temen2 yaaa…. huaaa… tapi klo pun aku ikut..temen2 sapa ya yg saia undang?? kan pada di luar daerah??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: