Digital Imaging Sederhana – koreksi warna

14 04 2012

Mempunyai ponsel kamera agaknya sudah jadi barang biasa untuk khalayak. Begitupun saya pribadi.sudah jadi rahasia umum untuk berfoto dan mengabadikan tiap momen yang di rasa “penting”. Tapi tak selalu foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel tak sesuai keinginan (kamera SLR misal). Kamera ponsel memiliki beberapa kelemahan dalam penerimaan cahaya dan juga koreksi warna. Mungkin untuk sekedar di lihat di layer ponsel sudah sempurna, tapi apa jadinya jika dibuka di computer atau laptop? Akan jadi sebuah foto yang sangat mengecewakan, apalagi kalau sampai mau dicetak. Kekurangan ketajaman warna dsb akan jadi masalah pokok dalam kamera ini. Sebagai contoh gambar dibawah ini, apa yang kalian pikirkan?

Foto ini menggunakan kamera digital dengan salah posisi ambil angel. Sehingga jadinya seperti ini. Tak mungkin kalau kita kesana lagi (pantai jumiang – Pamekasan) hanya sekedar mengulang foto ini. Solusinya adalah menggunakan photosop versi apapun. Sebenarnya bias dengan aplikasi lain yang lebih instant, tapi apa salahnya mencoba dari yang dasar sehingga tau bagaimana asalnya hingga foto ini jadi seperti ini.

Oke kita mulai aja , kalau kalian punya photosop versi apapun silahkan dibuka dan masukkan foto yang akan diedit.

1. duplikat foto menjadi dua. Caramya tarik layer foto ke ikon sebelah pojok kanan nomor  dua (new layer).

setelah layer ditarik maka akan muncul layer (background copy) itu tandanya foto sudah di duplikat.

(shortcut untuk duplikat CTRL +J)

2. kemudian pastikan pilih layer background copy, lalu lihat opsi di atasnya (normal, saturation, darken dll).pilih soft light, foto akan berubah lebih tajam, sesuaikan dengan mengurangi opacitynya.

3. untuk sesuaikan cahaya pilih opsi image-adjusment-level (ctrl+L) kemudian akan muncul kotak dialog level.

Sesuaikan ketajaman dan pencahayaan dengan menggeser indicator panah ke kanan dan kekiri sesuai selera,

4. Setelah dirasa cukup gabungkan kedua layer tadi (background & back copy). Klik kanan di layer background kemudian pilih flatten image.

5. setelah jadi satu lanjutkan dengan penyesuaian warna laut dan wajah objek dengan pilih image-adjusment – match color.


Setelah muncul kotak dialog match color sesuaikan warna dengan menggeser panel color intensity dan luminance untuk mencocokkan warna objek dengan aslinya.

6. langkah terakhrir pilih tool Burn Tool. Tool ini berfungsi untuk menggelapkan beberapa bagian foto. Misalnya di bawah dan sekelilingnya. Untuk membuat kesan gambar focus ke objek orang.

Setelah semua selesai lihat hasilnya. Dan ini contoh penerapan system yang sama di foto yang berbeda. Semoga bermanfaat.

N B : hasil bias berbeda tergantung selera anda menilai sebuah foto. Jika anda sudah mampu maka anggap ini hanya review. Tapi jika ini membantu . semoga bermanfaat.


Aksi

Information

3 responses

19 04 2012
Bang Aswi

Ya, jadi rada bagusan dan enak dilihat setelah diolah sedikit2. Sukses selalu ^_^

19 04 2012
djanuar

sama2 mas….

mampir juga d post sbelumnya…. ^ _ ^

19 07 2012
adhi pramono

Bagus banget. Saya lagi nyoba belajar nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: