Membuat kartu ucapan anak sederhana dengan Photosop cs 6

10 12 2012

Seringkali kita sedikit kesulitan untuk memilih contoh kartu ucapan, undangan atau segala hal untuk anak-anak. karakter yang ada itu-itu saja. upin ipin, shaun the sheep atau dora mungkin. Tapi bagaimana jika karakter yang kita masukkan ke dalam kartu ucapan adalah sesuai dengan keinginan anak dan itu hasil dari tangan kita? tentu itu akan menambah kesan dan menambah keakraban antar orang tua dan anak bukan?

Kali ini saya akan membuat karakter binatang sederhana (jerapah) menggunakan Adobe Photosop CS6 (berlaku untuk versi dibawahnya juga).Tutorial ini hanya untuk dasarnya saja, untuk pengaplikasian dan penggunaan karakter bisa dibahas di posting berikutnya.

Hal yang perlu disiapkan adalah laptop/komputer lengkap dengan program Adobe Photosop cs6 (untuk versi lainnya perbedaan letak tool mungkin terjadi, tapi pada dasarnya sama). tenaga penuh, karena akan dibutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra (hihihi). kopi atau camilan bila perlu.

kita mulai

1. Siapkan lembar kerja ukuran 10cm x 15cm resolusi 300dpi/inch

2. Pilih elips tool untuk membuat dasar karakter (lingkaran)

Gambar

3. Setelah muncul lingkaran di lembar kerja, sesuaikan warna dengan cara klik 2x di thumbnail layer (dilingkari merah) hingga muncul kotak dialog warna. beri nama layer lingkaran tsb dengan nama Kepala (klik 2x pada tulisan di layer.Gambar

4. Tarik layer Kepala ke ikon add new layer di bawah. hingga muncul layer kepala copy diatas layer kepala tadi. ubah warnanya menjadi kuning tua (caranya sama dengan langkah3)

Gambar

5. Pada lembar kerja terdapat dua lingkaran. tarik lingkaran kuning tua kebawah (kira-kira saja). kemudian klik kanan layer Kepala Copy hingga muncul menu pilihan, pilih create clipping mask. kemudian lingkaran kuning tua akan masuk ke lingkaran yang lebih muda ditandai dengan panah kedalam di layer kepala copy.

Gambar

Gambar

6. Kemudian lanjut dengan membuat lingkaran hidung dan mata dengan cara no 2. atur besar kecil lingkaran dan posisi layer agar semua bagian terlihat seperti contoh dibawah ini.

Gambar

7. Buat lingkaran sekali lagi untuk telinga luar dan dalam. kemudian posisikan letak layer di bagian paling bawah. duplicate layer telinga dalam dan luar dengan menarik ke ikon add new layer (lihat cara 4). kemudian klik kanan pilih flip horisontal (membalik gambar secara horisontal). kemudian posisikan di kepala sebelah kanan.

Gambar

8. Untuk rambutnya, pilih tool custom shape tool/ tekan tahan lama rectangle tool. kemudian pada panel bagian atas ada beberapa pilihan shape. cari shape starburst. posisikan pada lingkaran atas seperti contoh kemudian letakkan layer rambut di paling atas agar shape terlihat.

Gambar

9. Untuk tanduk pilih pen tool kemudian di panel atas pilih shape. buat shape seperti contoh dimulai dari titik 1-2-3-4-1′. (lihat gambar).sesuaikan warnanya kemudian letakkan di kepala atas seperti gambar.

kemudian buat lingkaran untuk ujung tanduknya. setelah itu duplikat untuk tanduk sebelah kirinya (cara seperti langkah 7). lihat gambar untuk hasilnya.

Gambar

Gambar

10. Setelah semua langkah diatas jika tak ada kekeliruan maka hasilnya seperti di bawah ini. untuk badannya bisa digunakan cara yang sama seperti langkah membuat tanduk.

Gambar

contoh pengembangan dari cara yang sama adalah sbb berikut

Gambar

 

untuk download tutorial versi pdf download disini

 

SELAMAT MENCOBA !!!!


Aksi

Information

3 responses

21 05 2013
vindy

lucu

21 05 2013
djanuar

terimakasih

26 06 2016
188Bet link Alternatif

This paragraph is in fact a pleasant one it helps new internet visitors,
who are wishing in favor of blogging.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: